Show Up

Kamis, 30 Desember 2010

Tips Sukses Berkomunikasi


Tidak semua orang pandai berkomunikasi. Mungkin banyak orang pandai berbicara, namun bukan berarti orang tersebut adalah komunikator yang handal. Hal itu karena komunikasi yang dilakukan bisa dikatakan sukses ketika pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh komunikan dan ada umpan balik sesuai dengan maksud dan tujuan komunikator. Oleh karena itu, berkomunikasi tidak hanya sekedar berbicara. Namun dalam situs Kapanlagi.com, memuat trik dan tips khusus yang dapat dilakukan menjadi komunikator “ulung”.

1.  Sikap Tubuh
Saat berkomunikasi dengan seseorang, sikap tubuh turut memegang peranan penting. Tatap lawan bicara Anda! Mata jangan sampai 'lari' atau melirik ke mana-mana. Posisi badan (entah duduk atau berdiri) usahakan dalam keadaan siaga atau tegak. Jangan bicara atau mendengarkan sambil sms-an atau merias wajah, terutama bila hal yang dibicarakan sangat pelik. Sebaliknya, beri perhatian penuh lewat bahasa tubuh Anda.

2.  Nada bicara
Seseorang lebih terpengaruh dengan nada bicara seseorang daripada isi pembicaraan. Usahakan untuk berbicara dengan lembut tapi tegas, bukan kasar. Nada bicara yang tulus juga dapat dibedakan dari nada bicara yang penuh kejengkelan, walau keduanya mungkin sama lembutnya. Nada bicara Anda menentukan nada hati Anda saat itu, apakah hati Anda sedang dalam keadaan 'sumbang' atau 'merdu'. Berbicara lembut juga mudah diterima daripada jika Anda berbicara dengan nada keras. Jika Anda ingin maksud hati Anda tercapai, maka berbicaralah dengan nada baik-baik.

3.  Isi pembicaraan
Hal ini tak kalah pentingnya. Banyak orang berbicara dengan bahasa yang tersirat. Kita mengharapkan agar orang lain, entah itu pasangan, anak, atau kenalan, mengerti maksud kita dengan 'kode-kode' yang kita sampaikan. Oh, tolonglah! Tidak seorangpun di dunia ini yang berkuasa untuk membaca pikiran orang lain. Banyak kehancuran terjadi dalam hubungan dan keluarga dikarenakan pembicaraan tersirat ini. Sudah maksud tak sampai, salah paham pula. Hmmm.....kita semua perlu belajar bicara dengan lebih detail. Jangan malu atau gengsi! Sampaikan maksud Anda dengan jelas. Pemikiran Anda, perasaan Anda, juga harapan-harapan Anda. Semakin jelas Anda mengutarakannya, maka semakin kecil peluang salah paham dan pastinya apa yang jadi tujuan Anda bisa tercapai dengan baik. Jika tak suka, katakan. Jika tak mau, katakan. Jika lapar, katakan. Daftar ini bisa panjang. Intinya katakan apa yang Anda ingin orang lain tahu. Katakan dengan baik. Katakan dengan jelas. Hubungan yang hancur, pernikahan yang kandas, atau keluarga yang berantakan dapat dipulihkan dan diperbaharui kembali, jika komunikasi diperbaiki. Jadi, mari kita mulai pembenahan itu dari diri kita sendiri!
Photo by: www.topmotivasi.com
                www.siswonugroho.com
                www.f-buzz.com
                www.renggakandha.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar