Show Up

Minggu, 26 Desember 2010

Sosok Perempuan Pelayan Rumah Masa Depan

Tidak semua perempuan dikaruniai oleh Tuhan seorang anak langsung dari kandungannya. Namun bukan berarti perempuan yang tidak mempunyai anak langsung dari kandungannya tidak bisa menjadi ibu. Ada sebagian perempuan yang menjadi sosok seorang ibu yang kuat dan tegar, meski tidak dikaruniai anak dari kandungannya.
Ibu Raja, adalah seorang perempuan dan istri yang setia mendampingi suaminya, yaitu Pak Raja. Ia tinggal dan bekerja bersama sang suami di sebuah gubuk pinjaman sejak 9 tahun lalu yang berada diantara kebun, tumpukan sampah, dan pemakaman. Hidup sangat pas-pasan seperti ini sudah biasa ia rasakan sejak kecil hingga usianya sekarang 52 tahun. Bahkan bangku sekolah pun tidak pernah ia rasakan. Namun ia tetap semangat bekerja keras membanting tulang untuk meringankan beban suaminya yang sudah renta dalam mencari nafkah. Apapun ia kerjakan agar dapurnya tetap mengepul, dari berkebun kecil-kecilan, memelihara ternak, hingga membersihkan makam-makam yang tidak seberapa besar upahnya.
30 tahun sudah kesetiaan ia baktikan kepada suaminya yang kedua ini. Setelah sebelumnya ia pernah menikah dengan seorang lelaki saat usianya masih sangat belia, yaitu 14 tahun karena himpitan ekonomi. Namun pernikahan itu kandas karena pemikiran yang masih belum dewasa. Selama 30 tahun ini pula ia hanya hidup berdua tanpa dikaruniai seorang anak dari rahimnya. Meski sedih, hal itu tidak membuat Ibu Raja putus asa. Ia kemudian mengangkat seorang anak perempuan yang dengan tetesan keringatnya bersama sang suami, bisa ia sekolahkan hingga SMP. Dari anak perempuan inilah ia memperoleh sepasang cucu yang sukses menempuh pendidikan sarjana. Ia senang dan bangga melihat kesuksesan cucu-cucunya, walau kehidupan dirinya dan suami tetap tak berubah. Tak mengapa baginya, kehidupan apa adanya di tengah sunyinya kebun dan makam seperti ini pun selalu ia syukuri tanpa ada tangisan.
Hingga sekarang, usia renta tidak lantas memadamkan semangat Ibu Raja untuk tetap bekerja. Hanya satu yang dia harapkan, kebahagiaan dan ketenangan dalam melanjutkan sisa usianya. Semangat, ketegaran, dan senyum Ibu Raja dalam hidup yang seba sulit mampu memberikan inspirasi tentang betapa besarnya kekuatan sosok ibu dalam melindungi keluarga.

Writer: Farhanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar